Sabtu, Mei 03, 2014

Nama & Peristiwa "Kompas": Cak Lontong

Salah Jalan

Komedian Lis Hartono (44) alias Cak Lontong patut berbangga dengan almamaternya, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, yang meluncurkan mobil listrik. Dia pun mendukungnya  dengan menjadi salah satu pembawa acara pembukaan Pameran Mobil Listrik Nasional ITS di Jakarta, Selasa (29/4).

Sebagai alumnus Teknik Elektro ITS, Cak Lontong tak mau menyia-nyiakan pertemuannya dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh yang meluncurkan mobil listrik. Saat acara foto bersama, ia bergegas ikut berpose dan sejenak melupakan mikrofonnya. "Ah iya, sebagai alumnus harus ikut foto," ujarnya sambil menitipkan mikrofon kepada orang lain.

Meski berkarier di dunia yang berbeda dengan jurusan kuliahnya, pelawak asal Surabaya ini tak canggung berada di antara para dosen ITS. "Saya ini anomali alumni, salah jalan. Istilahnya, menemukan titik terang di jalan yang lain. Ijazah gak kanggo (ijazah tidak terpakai)," kata alumnus ITS tahun 1996 itu.

Pilihan dunia hiburan mungkin memang tidak salah karena nama Cak Lontong pun semakin melambung. "Saya berusaha maksimal di dunia hiburan ini, harus berprestasi. Nah, kalau di KTP, saya cantumkan gelar insinyur karena ijazah, kan, enggak laku," ujarnya sambil tertawa.

***

(Harian Kompas, 3 Mei 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar